Selasa, 16 Mei 2017

Jangan Abaikan 5 Hal Ini Saat Memodifikasi Mobil

Tags


Hai para sahabat Dunia Otomotif, dunia modifikasi di Indonesia merupakan industri kreatif yang berkembang sangat pesat, dan dalam perkembangan modifikasi Indonesia seringkali menghasilkan suatu kreasi yang spektakuler, tetapi terkadang ada juga yang salah kaprah dan bahkan cenderung modifikasi yang membahayakan keselamatan pengendaranya.

Nah, kali ini sahabat dunia otomotif akan kami berikan informasi seputar tips bagaimana melakukan modifikasi yang baik dan benar serta tetap mejaga unsur keselamatan. Berikut 5 hal yang tidak boleh diabaikan saat melakukan modifikasi :

1. Savety is Priority
Jangan pernah melupakan keamanan hanya karena ingin malekukan modifikasi. Sebelum anda memulai memotong atau membuang suatu panel, terlebih dahulu check struktur mobil tersebut dan pastikan bahwa semua strukturnya tetap terpasang sempurna, dan tidak membahayakan kendaraan anda ketika digunakan. Keamanan standar mobil seperti lampu-lampu, hazard, klakson, safety belt harus dipastikan selalu terpasang dalam kendaraan modifikasi anda.

2. Temukan rumah modifikasi / mechanic yang bisa dipercaya.
Jika anda memulai modifikasi dengan memilih rumah modifikasi atau mekanik yang salah, hal ini bisa menjadi pengalaman yang sangat buruk, karena selain kondisi mobil menjadi rusak andapun harus menggelontorkan dana kembali untuk memperbaiki kendaraan tersebut. jadi temukan rumah modifikasi terbaik, yang dapat anda percayai, memiliki kredibilitas dan tanggung jawab.

3. Temukan konsep sebagai dasar modifikasi
Konsep adalah dasar dari modifikasi anda, pilihlah konsep terbaik mengenai apa yang akan anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda dalam memodifikasi kendaraan, secara umum ada beberapa style modifikasi yang bisa dipilih diantaranya : Racing, Elegant, Classic, Street racing, dan Extreem. Konsep yang tepat akan menjadi batasan dalam memodifikasi kendaraan tersebut, karena masing-masing gaya tersebut berdiri sendiri dan tidak dapat dicampur adukan satu dengan lainnya. Apabila anda ingi mengikuti kontes, carilah terlebih dahulu regulasi dasar untuk dikonsultasikan dengan rumah modifikasi yang anda telah percayai.

4. Invest in Right Parts
Dengan budget yang telah ditentukan sejak awal pemilihan konsep, mulailah memilih parts sesuai dengan budget yang telah dibuat. Setiap pembelian parts dari awal hingga akhir haruslah dibatasi dengan skala prioritas yang telah ditentukan sebelumnya, hal ini akan menghindari "lapar mata" anda ketika anda telah masuk pada workshop yang penuh dengan beraneka ragam parts. Selain itu berinvestasilah dengan parts yang mendukung parts inti yang anda beli, sebagai contoh apabila anda melakukan modofikasi pada mesin anda sebaiknya membeli parts pendukungnya seperti oil coolers ataupun baffled sumps, sehingga umur mesin dapat bertambah

5. Selalu Disconnect Battery atau Accu pada saat modifikasi
Accu adalah sentral kelistrikan mobil anda. Hal yang terlihat sepele seperti pelepasan bumper atau pelepasan jok pada mobil tertentu akan menjadi trigger error pada airbag ataupun pada komponen elektrik lainnya, mulailah kebiasaan melepas accu anda sebelum memulai modifikasi, sehingga hal-hal tersebut dapat dihindarkan.


EmoticonEmoticon