Kamis, 18 Mei 2017

Beli Kendaraan secara Kredit, Kenapa Tidak?

Tags


Mempunyai mobil bisa dibilang sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat perkotaan. Tak heran jika saat ini kemacetan kerap terjadi di kota-kota besar di Indonesia. Meski angka penjualan mobil beberapa tahun ini mengalami penurunan, namun di Indonesia masih tetap menjadi salah satu negara dengan pengguna mobil terbanyak di dunia.

Mengutip dari Data Gaikindo yang dirilis pada tahun 2016, penjualan kendaraan roda empat baik secara tunai, maupun kredit mencapai 1.061.015 unit. Angka tersebut meningkat 4,7% dibandingkan pada tahun 2015. Hasil tersebut juga melebihi target, yakni 1.050.000 unit yang ditetapkan Gaikindo pada awal 2016.

Kira-kira sahabat dunia otomotif tahu kah berapa orang yang membeli mobil secara kredit? Berdasarkan data dari beberapa sumber menyimpulkan sekitar 60% - 70% orang Indonesia beli mobil secara kredit. Bahkan, untuk segmen LCGC angka tersebut masih bisa bertambah lagi porsi kreditnya.

Kenapa konsumen lebih memilih membeli kendaraan secara kredit? Berikut beberapa alasan berdasarkan survey yang dilakukan oleh leasing terhadap konsumennya.

  1. Bila menunggu punya uang tunai, ditakutkan harga mobil akan naik terlebih jika kebutuhan sudah mendesak.
  2. Bagi kebanyakan orang yang memiliki usaha, jelas lebih memilih kredit daripada tunai, sebab mereka bisa memutar sebagian anggarannya untuk pengembangan bisnis.
  3. Paket/program menarik yang ditawarkan leasing membuat konsumen mendapatkan keuntungan tambahan bila membeli kendaraan secara kredit.


Terlepas dari ketiga point diatas, pemilihan leasing yang tepat akan membuat konsumen merasa aman dan nyaman sampai masa kredit berakhir.

Tips Dalam Memilih Leasing
  1. Pilih leasing yang sudah memiliki reputasi dan kredibilitas bagus.
  2. Fleksibilitas dan kemudahan dalam hal pembayaran angsuran, misal melalui bank/ ATM atau kantor pos, dll.
  3. Pelayanan yang cepat dalam hal pengurusan proses kredit juga turut menentukan.
  4. Jangan lupa untuk menanyakan paket/ program terbaik yang ada, misal bunga murah, DP rendah, dll.
  5. Perhitungkan komponen kredit untuk memangkas biaya biaya yang tidak perlu


Tips Saat Pengajuan Kredit Di Proses Oleh Leasing

  1. Persiapkan dokumen yang diperlukan untuk pengajuan kredit meliputi KTP suami istri, Kartu Keluarga, PBB, Rekening Tabungan, Slip gaji / Keterangan Usaha, NPWP. Mintalah petunjuk pada petugas jika salah satu dari persyaratan tersebut tidak tersedia.
  2. Mintalah kepada sales mobil anda nama dan nomor telephone petugas surve dari leasing untuk memudahkan proses dan mendapatkan infrmasi.
  3. Usahakan telepon atau HP anda selalu siaga untuk dapat merespon cepat saat di telepon petugas dari leasing. Konsumen yang mudah di hubungi menjadi penilaian tersendiri oleh analis kredit.
  4. Usahakan selalu terbuka dalam memberikan segala informasi yang di minta oleh analis atau petugas survey. Sikap terkesan menutupi sesuatu atau tidak terbuka dan jujur dalam memberikan informasi kepada petugas justru akan mendapatkan nilai yang buruk.
  5. Perlakukan petugas survey dengan baik dan sopan, hindari kata-kata kasar atau bernada tinggi.
  6. Yakinkanlah petugas bahwa kita mampu menyelesaikan kewajiban pembayaran kredit dengan dokumen pendukung yang valid dan argumen yang masuk akal.
  7. Pada prinsipnya pengajuan kredit mobil kita akan di bantu oleh petugas jika kita bersikap kooperatif. Jadi jangan pernah takut untuk ditolak leasing.


Nah sahabat dunia otomotif, sudah saatnya kita memberikan yang terbaik untuk keluarga. Gunakan segala kemudahan faslitas pembayaran mobil anda, namun juga jangan memaksakan diri, sesuaikan dengan budget DP dan bulanan. Jangan lupa sertakan assuransi credit protection demi kenyamanan selama masa kewajiban kredit


EmoticonEmoticon